Permainan Lompat Tali (Karet)

permain lompat tali

permainan lompat tali

Masih ingat ga Kawan tentang permainan ini? :-D  Atau pernah main permainan seperti ini ga waktu kecil dulu? Permainan ini adalah salah satu permainan tradisional yg lebih sering dilakukan di tempat terbuka dan luas. Namun, semenjak aku tinggal di Semarang, aku belum pernah melihat permainan ini lagi. Apakah mereka (anak kecil) ga pernah tau? Atau ga suka permainan ini? Aku ga tau…… :-|    Padahal permainan ini seru lho, ada nilai olahraganya, kreatifitas, semangat tinggi, kebersamaan, tekad……jelas!!! heheheee……. :-D

Sewatu kecil dulu, permainan ini menggunakan tali yang di dsusun dari simpul-simpul karet gelang dengan sekali simpul bisa terdiri dari 4-7 karet sehingga tebal banget ‘n ga gampang putus saat dipakai. Tetapi ada juga yg membuat tali dengan simpul tunggal, tergantung pengennya kita aja yg main pengen tali yg seperti apa, seberapa panjang, dan seberapa tebalnya.

simpul tali karet

simpul tali karet

Permainan ini terdiri minimal 2 orang. Lebih enak jika lebih dari 2 orang. Kenapa? Karena lebih rame, seru, dan asik…. :-D  Bila hanya 2 orang yg bermain, maka salah satu ujung tali dikaitkan di sebuah tiang. Terserah mo pake tiang apa, yang penting jangan tiang listrik ya…. :-D   Kalo aku dulu pake tiang pohon, tiang bendera, tiang rumah, dll…..hehehe…… :-D   Sedangkan ujung lainnya dipegang oleh salah satu pemain, dan pemain satunya bermain melompati tali (pelompat). Apabila permainan dilakukan lebih dari 2 orang maka kedua ujung tali dipegang oleh masing-masing orang (biasanya yg kalah). Sedangkan yg lainnya sebagai pelompat.

lompatan bervariasi

lompatan bervariasi

Model lompatan yang dilakukan masing2 anak/lingkungan bervariasi, tergantung aturan yang disepati sebelumnya. Sayangnya aku lupa namanya apa aja. Aturan permainan dasarnya adalah awalnya tali diletakkan secara horisontal sejajar dg lutut, kemudian pelompat memainkan kakinya dg tali (kaki dililit-lilitkan di tali dg menggunakan irama yg beraturan), atau hanya sekedar melompat. Terserah perintah atau aturan. Maaf ya Kawan, aku lupa macam-macam nama tarian kaki waktu itu…. :-(   Tapi, kalo disuruh memperagakan, aku masih ingat……ngarep.com, hahahaa…… :-D

lompat tali-ujung tangan

lompat tali-ujung tangan

Kembali ke TALI  :-D   >>>> Bila lompatan selutut bisa dilalui pelompat, maka tali akan semakin naik ke atas, hingga ujung tangan dinaikkan ke atas. Lintasan tertinggi deh pokoknya…..xixixi…..apesnya nih ya, kalo orang yg memegang tali lebih tinggi dibandingkan dg tubuh kita, wah bisa kalah kita……wkwkwk……. :-D   Selama permainan, bila ada pemain yang gagal melakukan lompatan, maka dia dianggap kalah, dan menggantikan salah satu pemegang tali. Huffttt……. :-(   Tapi, jangan sedih, menang ato kalah di sini sama aja, justru keceriaan selalu ada dalam permainan ini, baik dia di posisi pemegang tali, atau pelompat, semuanya sama-sama happy koq…!! :-D

Oh ya, setiap daerah mungkin memiliki cara dan aturan yg berbeda. Apa yang aku ceritakan di sini adalah yg aku alami sewaktu dulu……Udah dulu ya, ceritaku kali ini…see you next time ya….Semoga menghibur….Semangat!! ^_^

===================================================================

NB : Maaf ya, ga ada dokumentasi asli karena saat kecil dulu belum ada HP KAMERA masuk desa, hehee… :-D

===================================================================

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.090 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: