Membuat Kartu Kuning (AK 1)

assalamu’alaikum temen2…akhirnya aku nulis lagi….hehehhehe, :-D

Kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai cara membuat Kartu Kuning (Ak-1). Ini saya dapat dari pengalaman pribadi kemaren waktu pulang ke Pati untuk membuat Kartu kuning dan SKCK. Tapi di sini akan saya bahas yang Kartu Kuning dulu.

Kartu kuning adalah sebuah surat keterangan pencari kerja yang diterbitkan oleh Departemen Tenaga Kerja ( Depnaker ). Kartu kuning digunakan sebagai syarat dalam melamar pekerjaan. Kartu ini berbentuk persegi panjang mendatar dan berwarna KUNING, tapi aku gak tau ada hubungannya ga ya? soalnya ada temenku (dari Kabupaten lain) waktu dia membuat Kartu Kuning kartunya berwarna putih, kalau gitu apa namanya akan berganti menjadi Kartu Putih ya? :-D   hehehehhe,

Ini dia syarat-syarat pembuatan kartu kuning :

  1. Foto copy  KTP –> 1 lb,
  2. — –” —–   Ijazah terakhir –> 1 lb,
  3. —– ” —–   Sertifikat Pelatihan (bila ada),
  4. —– ” —–   Surat Pengalaman Kerja (bila ada),
  5. Pas photo berwarna 4 x 6 –> 2 lb,

NB :

  • Tidak usah pakai surat pengantar dari desa/keluarahan, langsung ke depnaker aja.

Untuk tata caranya :

  • Ke Disnaker masing-masing Kabupaten/Kota
  • Ke bagian administrasi pembuat Kartu Kuning
  • Nanti di akhir proses, akan ditarik uang administrasi, sebesar berapa rupiahnya aku ga tau karena kebetulan pas ke sana kemaren yang pegang administrasi temennya Kakakku jadinya Gratis, hehehehhe, :-D
  • Tapi dari informasi temen2 deket dan CintaQ, uang administrasinya berkisar Rp. 0,- s/d 10.000,-
  • Habis dapet kartu kuning, lalu kita fotocopy (yang banyak sekalian) unt dilegalisir dan tidak dikenakan uang sepeserpun.

Kartu kuning berlaku dalam masa 3 tahun dan dalam masa 3 tahun itu, kita diwajibkan untuk absent (alias : memperpanjang) setiap 6 bulan sekali.

Setauku itu. Bila ada yang kurang dan mau menambahi silahkan..Terima kasih….. :-)

 

About these ads

11 responses to this post.

  1. Posted by jaka_hopus on 25 Desember 2011 at 08:15

    makasih atas informasinya,besok saya akan segera ke Pati hehehehe…… 25/12/2011

    Balas

  2. kalo untuk manfaat pembuatan kartu kuning tuh apa ya?
    aku baru bikin soalnya….
    thanks :)

    Balas

    • hai mbak neisya….maaf ya baru balas, manfaat kartu kuning untuk mendata bahwa kita belum memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan sesuai dengan keahlian dan ijasah yang kita miliki, di kartu kuning akan dicantumkan hal itu semua, dan telah terdata di Disnaker, selain itu kartu kuning digunkana untuk kelengkapan berkas lamaran pekerjaan, biasanya lowongan pekerjaan di BUMN dan CPNS mbak….^_^

      Balas

      • hehe_
        iya gpp mbak….
        tanya lagi boleh? :D
        aku dah dpet username sama passwordnya_
        terus untuk log in nya masuk ke situs apa ya?
        hehe

        Balas

        • Maaf mba, bila boleh tau, username dan password apa Чα”̮ mb? Sy mbuat kartu kuning datang langsung ke kantor Disnaker mba, dan daftar langsung, sy Ġąąƙ dapet username dan password mb, mungkin beda daerah, beda cara dan aturan mb…

          Balas

        • Maaf mba, bila boleh tau, username dan password apa Чα”̮ mb? Dan dapetnya dari mana mb? Sy mbuat kartu kuning datang langsung ke kantor Disnaker mba, dan daftar langsung, sy Ġąąƙ dapet username dan password mb, mungkin beda daerah, beda cara dan aturan mb…

          Balas

  3. Posted by lina on 10 September 2013 at 11:34

    fotonya berwarna ato hitam putih ya??

    Balas

  4. Posted by EBYTH on 12 September 2013 at 16:32

    tks,,,,,infonya

    Balas

  5. mba klo memperpanjang kartu kuning syaratnya apa ya .
    saya ada di kab.Pati
    makasih

    Balas

    • Mas/mbak dwi, saya kurang tau, karena postingan sy ini ktika masih serba manual, blm terkomputerisasi seperti skrg ni,

      Kalo waktu saya di semarang (sy sudah pindah KTP semarang) syarat perpanjang kartu kuning :
      -membawa asli ijasah SD, SMP, SMA, KULIAH
      -asli KTP,
      -asli kartu kuning sebelumnya,

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.090 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: